Cara Menginstall SeaDAS versi 6.2.0 dan 5.3b

Notice: Dalam post ini akan ada beberapa gambar yang mungkin akan berat apabila kamu berada di jaringan lambat.

Berhubung peneltian saya di pascasarjana ini meneruskan penelitian saya di S1, dan saya berarti akan kembali menggunakan software SeaDAS untuk meng-ekstrak data ASCII dari MODIS AQUA. Saya mau menulis kembali sebuah tutorial “Cara Menginstall SeaDAS versi 6.2.0 dan 5.3b” dengan sedikit pengubahan dari postingan yang sudah ada di blog saya yang lama (blognya sudah tidak aktif karena lupa password) . :p

Sedikit overview apa itu SeaDAS ya. 😀

Berikut kutipan dari situs resmi SeaDAS di alamat http://seadas.gsfc.nasa.gov/

The SeaWiFS Data Analysis System (SeaDAS) is a comprehensive image analysis package for the processing, display, analysis, and quality control of ocean color data.
The latest version (SeaDAS 7.0.2) is the result of a collaboration with the developers of ESA’s BEAM software package. The core visualization package for SeaDAS 7 is based on the BEAM framework, with extensions that provide the functionality provided by previous versions of SeaDAS..

Secara garis besar dalam Bahasa Indonesia, SeaWiFS Data Analysis System atau yang biasa disebut dengan SeaDAS adalah paket program untuk memproses, meng-analisis dan untuk mengetahui (atau meng-kontrol) keadaan dari data warna laut/muka air laut. Oh iya, software ini gratis, dan disebarkan melalui situs resminya dari NASA.

Hasil olahan berbentuk citra: Sebaran Suhu Permukaan Laut (SST) di wilayah Indonesia bagian Barat dengan SeaDAS
Hasil olahan berbentuk citra: Sebaran Suhu Permukaan Laut (SST) di wilayah Indonesia bagian Barat dengan SeaDAS

Oke, segitu saja kilasan mengenai “Apa itu SeaDAS?” yang saya bisa jelaskan ke teman-teman. Selanjutnya kita akan memasuki tahap-tahap untuk men-install SeaDAS di laptop atau PC teman-teman.

Sebelum melakukan installasi, ada baiknya teman-teman sudah memiliki bahan yang akan digunakan berupa program SeaDAS itu sendiri yang bisa di download di situs resminya [http://seadas.gsfc.nasa.gov] dan software VMWare Player atau Oracle VM virtual Box (software tersebut berbayar, teman-teman bisa meminjam milik teman atau mencari bajakannya, tetapi tidak saya sarankan).

Setelah memiliki software yang diperlukan, selanjutnya kita bisa menyiapkan hardware atau mengecek system requirement yang kita punya. Berikut rinciannya:

  • RAM: minimal 512MB di rekomendasikan 2GB ke atas.
  • VGA: minimal 256MB di rekomendasikan 1GB ke atas.
  • OS: Platform Windows, direkomendasikan Windows XP Professional atau Windows 7 Ultimate, sangat tidak direkomendasikan menggunakan Windows Vista.
  • Harddisk bebas/free space minimal 10GB atau lebih (disarankan sisa 50GB)
  • Sangat direkomendasikan meng-install software ini di Laptop atau Notebook bukan Netbook atau laptop ukuran kecil (karena hardware netbook/laptop kecil biasanya lebih rendah dari yang dibutuhkan).
  • Sangat disarankan untuk meng-install/meng-update segala driver yang dibutuhkan, paling penting driver VGA, LAN, Wireless, Sound, dan yang lainnya.
Contoh laptop/PC yang direkomendasikan untuk software SeaDAS.
Contoh laptop/PC yang direkomendasikan untuk software SeaDAS.

Setelah semuanya siap, kita mulai meng-ekstrak file SeaDAS yang sudah di download.

Software yang dibutuhkan sudah siap untuk di extract.
Software yang dibutuhkan sudah siap untuk di extract.

 

Pertama-tama kita buat folder baru di harddrive kita, saya sarankan di partisi selain partisi system. Misalnya di drive (D:) atau yang lain. Setelah itu letakkan semua file yang dibutuhkan kedalam folder tersebut, saya menggunakan nama folder SIG dengan alamat folder (D:\SIG) seperti gambar di bawah ini:

d-sig
Folder SIG milik saya.

 

Setelah itu kita bisa meng-ekskusi file “seadasva62.exe” atau “seadasva53b.exe” dengan cara klik dobel. Setelah itu akan muncul dialog box yang memberitahu filenya akan di extract ke folder mana, dalam hal ini saya akan arahkan ke folder yang saya sudah buat tadi di (D:\SIG) lalu klik “Extract”. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Dialog box.
Dialog box 7 zip self extracting

Setelah di extract nanti akan muncul folder “seadasva6.2” di (D:\SIG\seadasva6.2\). Untuk yang versi 5.3.b muncul folder folder “seadasva” di (D:\SIG\seadasva\) Lihat gambar.

File hasil ekstrak
Folder hasil ekstrak

Setelah proses ekstraksi SeaDAS, sekarang kita akan menginstall software VM Ware Player, proses intalasi software ini cukup sederhana, cukup di install ke sistem seperti biasa lalu masukkan serial number apabila kita punya lisensinya.

Proses instal VMWare Player
Proses instal VMWare Player

Setelah itu restart laptop/PC kita, jalankan software VMWare Player. Setelah itu pilih menu Open a Virtual Machine”. Arahkan ke folder “seadasva6.2” yang sudah kita ekstrak di folder (D:\SIG), pilih file “SeaDAS_6.2.0.vmx” , kalau untuk versi 5.3b kurang lebih sama, extensi file-nya “.vmx” lalu klik “Open”.
Tampilan di VMware Player akan menunjukkan “SeaDAS_6.2.0”. Lihat Gambar.

VMWare Player yang sedang membuka virtual disk milik SeaDAS
VMWare Player yang sedang membuka virtual disk milik SeaDAS

Terakhir, klik “Play virtual machine”. Nanti akan ada pertanyaan, pilih “I copied it”.
Nanti tampilan akan muncul seperti ini.

SeaDAS sudah berjalan normal di VMWare.
SeaDAS sudah berjalan normal di VMWare.

Nah, proses install SeaDAS selesai. Beberapa orang mungkin akan mengalami kesulitan kalau menggunakan versi 5.3b. Mungkin tampilan yang muncul hanya gambar Bumi saja. Dan belum muncul “SeaDAS Main Menu” seperti gambar di atas. Bagi yang menggunakan versi 5.3b bisa klik kanan di desktop SeaDAS trus pilih “SeaDAS”. Setelah itu “SeaDAS Main Menu” akan muncul seperti gambar di atas.

Berikut ini adalah beberapa yang masalah yang muncul terkait proses install software-software di atas beserta dengan solusi (sok tahunya) :D.

  1. Permasalahan: VMware Player bisa jalan tapi kenapa pas “Open a virtual machine” SeaDAS ga muncul di menu VMware player? Penyelesaian: mungkin prosesnya agak lama, tergantung RAM atau persyaratan lain di laptop atau PC temen2 yang kurang. Jadi berdampak dengan lamanya proses load. Atau bahkan bisa gagal sama sekali. Disarankan menambah persyaratan yang udah di sebutin di atas.
  2. Permasalahan: Ada tulisan yang artinya VMware Player tidak dapat menemukan virtual machine configuration file? Penyelesaian: coba di extract ulang dengan terlebih dahulu meng-hapus seluruh isi folder “seadasva6.2” yang ada.
  3. Permasalahan: SeaDAS bisa jalan, tetapi sangat lambat untuk dioperasikan? Penyelesaian: berarti RAM laptop/PC kamu kurang, coba kurangi penggunaan RAM pada sistem di komputer kamu dengan menutup proses-proses atau program-program yang tidak sedang digunakan. Atau coba di setting RAM yang akan digunakan oleh VMware Player untuk menjalankan SeaDAS. Lihat caranya di bawah ini.

Pertama, klik menu “Edit virtual machine settings” pada menu utama VMWare player:

Pilih "Edit virtual machine settings"
Pilih “Edit virtual machine settings”
Pada Memory, geser jumlah memory menjadi lebih besar, mis: 512MB, JANGAN melebihi dari jumlah RAM yang dimiliki system kita. Berdampak ke laptop kita bakalan semakin lambat, klik OK!.
Pada Memory, geser jumlah memory menjadi lebih besar, mis: 512MB, JANGAN melebihi dari jumlah RAM yang dimiliki system kita. Berdampak ke laptop kita bakalan semakin lambat, klik OK!.

Sampe disitu program SeaDAS bisa digunakan untuk mengolah data dari situs OceanColor bisa SST, CHL atau yang lain. Mau di level apapun SeaDAS bisa digunakan. Kurang atau lebihnya step-by-step untuk menginstall SeaDAS seperti itu. Apabila menemukan kendala silahkan tinggalkan komentar, insya allah akan segera saya bantu. 😀

2 thoughts on “Cara Menginstall SeaDAS versi 6.2.0 dan 5.3b

  1. mas klu kita download file dari oceancolor itu ada beberapa pilihan untuk data.
    ada OC,IOP dan SST yang saya mau tanyakan,apa perbedaan dari semua data itu.
    terima kasih atas bantuannya…..!!!!

    1. sebelumnya mas harus tau dulu data apa yang mas butuhkan. untuk masing-masing data ada arti singkatannya. dan biasanya ada di FAQ milik oceancolor.
      OC itu oceancolor biasanya terkait dengan data klorofil. IOP itu inherent optical properties dan SST itu sea surface temperature.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s